Visi Misi

Visi Pembangunan Kabupaten Seruyan Tahun 2018-2023

 

MEMAJUKAN KABUPATEN SERUYAN SEHAT

(SEJAHTERA, ELOK, HARMONIS, AMAN DAN TENTRAM)

 

Sehat dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan yang dinamis dimana individu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan internal (psikologis, intelektual, spiritual dan penyakit) dan eksternal (lingkungan fisik, sosial dan ekonomi) dalam mempertahankan kesehatannya. Dalam pandangan lainnyakeadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi juga merupakan konsep yang bisa dipakai dalam mengartikan kata sehat.

Sejahtera dapat diartikansebagai suatu keadaan aman sentosa dan makmur. Suatu keadaan sejahtera tersusun dari tiga unsur, yakni pertama adalah seluruh permasalahan sosial dapat dikendalikan dengan baik, kedua segala macam kebutuhan hidup dapat terpenuhi, dan yang ketiga adalah tersedianya seluruh kesempatan bagi siapapun untuk dapat maju kearah yang lebih baik.Konsep sejahtera sangat erat sekali dengan bentuk kesejahteraan sosial yang dapat diartikan sebagai kegiatan-kegiatan yang terorganisir bagi peningkatan kesejehteraan sosial melalui kegiatan menolong orang untuk memnuhi kebutuhan-kebutuhan dalam beebrapa bidang seperti kehidupan keluarga dan anak, kesehatan, penyesuaian sosial, waktu, standar hidup, dan hubungan sosial.

Elok dapat diartikan sebagai sesuatu yang baik, cantik, dan enak dipandang. Dalam hal ini elok juga dapat diinterpretasikan sebagai suatu kondisi masyarakat yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang baik dan jauh dari kegiatan-kegiatan negatif.

Harmonis dapat diartikan sebagai suatu kondisi bersangkut paut dengan harmoni yang seiyasekata. Harmonis dalam kehidupan merupakan suatu keadaan dimana setiap orang dapat saling merangkul bersama di setiap masalah sehingga terjadi keselarasan hidup guna mencapai kebahagiaan bersama.

Aman dalam hal ini mencerminkan suatu kondisi yang bebas dari bahaya, bebas dari gangguan, terlindungi dan tidak mengandung resiko. Aman jugamerupakan kondisi dimana kita bisa mengidentifikasi resiko yang ada dan mengurangi resiko seminimal mungkin ke level yang bisa diterima dengan baik.

Tentram dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi yang tidak merasa takut bahkan khawatir. Tentram juga dapat dilihat sebagai sesuatu yang aman atau (tidak rusuh, tidak dalam kekacauan). Didaerah yang aman, orang-orang bekerja dengan senang, tenang (tidak gelisah, tenang hati, pikiran).

 

Misi Pembangunan Kabupaten Seruyan Tahun 2013-2023

 

1.Menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik serta profesional.

2.Mewujudkan mutu pendidikan yang lebih berkualitas, baik pendidikan formal maupun non formal.

3.Memberikan pelayanan kesehatan yang prima serta berkualitas kepada masyarakat.

4.Mengembangkan dan menghidupkan perekonomian rakyat yang berbasis pada ekonomi kerakyatan. Mulai dari industri kecil, industri rumah tangga, perdagangan, dan koperasi.

5.Meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas.

6.Mewujudkan Pelabuhan Laut Teluk Segintung sebagai pintu gerbang ekonomi Kabupaten Seruyan.

7.Meningkatkan, mengembangkan dan memberdayakan potensi sumber daya alam, pertanian, peternakan, kelautan, perkebunan, dan kehutanan.

8.Mengembangkan sektor pariwisata, seni dan budaya.

9.Menciptakan lapangan pekerjaan, serta menjamin haktenaga kerja.

10.Menciptakan rasa aman, kehidupan yang damai, rukun, harmonis, agamis dan tentram dalam bingkai NKRI.